Selasa, 21 Mei 2019

Teknologi Penelitian Kelompok 8


MENGEMBANGKAN CAT DAN MEMUNCULKAN HASIL EVALUASINYA
Makalah
Disusun guna memenuhi tugas matakuliahTeknologi Pendidikan
Dosen Pengampu: Turno, M.Pd










           
Disusun Oleh :Kelompok 8
1.      Hasna Naafi Arifiani(2117194)
2.      Rumini  (2117333)
3.      Amir Mahmud       (2117362)
Kelas :
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH dan ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
2019



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam bidang pendidikan, teknologi, informasi telah dimanfaatkan untuk menunjang layanan administrasi, proses pembelajaran, pendaftaran ulang, perpustakaan,akses nilai, pencarian referensi, secara cepat dan mudah proses penelitian, pembayaran SPP bahkan untuk penerimaan mahasiswa baru.
Salah satu cara yang digunakan untuk mengetahui hasil yang telah dicapai oleh pendidik dalam proses pembelajaran adalah dengan evaluasi. Evaluasi merupakan subsistem yang sangat penting dan sangat dibutuhkandalam setiap sistem pendidikan, karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan atau hasil kemajuan pendidikan. Dalam setiap pembelajaran pendidik harus berusaha mengetahui hasil dari proses pembelajaran yang ia lakukan.
B.  Rumusan masalah
1.      Apa definisi dari Computer Assist Test CAT ?
2.      Bagaimana mengembangkan CAT ?
3.      Apa tujuan dalam mengembangkan CAT  ?
4.      Bagaimana evaluasi yang digunakan dalam mengembangkan CAT ?










BAB II
PEMBAHASAN
A.    Definisi Computer Assist Test ( CAT )
Ujian dengan menggunakan aplikasi yang disebut Computer Assist Test (CAT) adalah suatu metode ujian dengan alat bantu komputer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar. Sistemkerja CAT pertama peserta yang mengikuti ujian akan menerimasoal yang terhubung dengan jaringan database. Peserta dapat langsung menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada kemudian jawaban langsung tersimpan di dalam database. Dengan system ujian menggun akan  CAT setiap peserta ujian akan langsung mengetahui skor atau nilai mereka setelah mereka selesai mengerjakan soal-soal ujian. Sistem ujian dengan menggunakan CAT tidak bias direkayasa sebab system komputer yang langsung memeriksa jawaban peserta.
B.     Mengembangkan CAT
Computer Assisted Test (CAT) merupakan salah satu metode seleksi atau system rekrutmen dengan alat bantu computer untuk mendapatkan suatu standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar. Berdasarkan hasil evaluasi implementasi (Computer Assisted Test) CAT, manajemen memandang perlu dilakukan pengembangan (Computer Assisted Test) CAT dengan skala nasional dan memiliki aspek kepatuhan regulasi, kualitas perangkat lunak yang mengacu kepada standard internasional agar system pengembangan (Computer Assisted Test) CAT dapat dipercaya sebagai sebuah alat bantu yang handal dan layak digunakan untuk skala nasional.
Permasalahan dari aplikasi (Computer Assisted Test) CAT, salah satunya adalah kesulitan dalam maintenace software, serta perbaikan-perbaikan dibagian testing yang sesuai dengan kebutuhan pengguna/peserta. Berdasarkan masalah-masalah yang muncul inilah, maka penulis memberikan pemecahan masalah yang disarankan adalah dengan mengembangkan system aplikasi         pengembangkan (Computer Assisted Test) CAT berbasisweb  dengan metode Model View Controller (MVC) dan framework.Net. MVC merupakanarsitektur yang sangat berguna dalam melakukan pengembangan sebuah system terutama pada sisi main tenacenya, karena memisahkan antara tiga layer yaitu  model, view dan controller. Sehingga dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada, maka Model View Controller (MVC)  dengan framework. Net dianggap layak untuk di implementasikan dengan Aplikasi sistem pengembangkan (Computer Assisted Test) CAT.
MVC (Model View Controller) pertama kali diperkenalkan pada tahun 1979 oleh Trygve Reenskaug, yang dimana pertama kali MVC dibuat pada Small Talk untuk Xerox PARC. Pada awalnya implementasi dalam pembuatannya ditujukan untuk paper Application Programming pada SmallTalk-80. Model View Controller atau yang sering disebut dengan MVC merupakan arsitektur yang sangat berguna dalam melakukan pengembangan sebuah sistem. Model View Controller atau yang sering disebut dengan MVC merupakan arsitektur yang sangat berguna dalam melakukan pengembangan sebuah sistem.
Kelebihan MVC yaitu dengan mengatur model dan view, MVC membantu mengurangi kerumitan pada  desai  arsitektur,     dan meningkatkan eksibilitas dan penggunaan kembali. Adapula kelebihan MVC berdasarkan point-pointnya.
1. Model 
a. Proses maintenanance aplikasi, penempatan detail data dan operasinya yang ditentukan (model) sehingga tidak tersebar pada keseluruhan lingkup.
b. Reusable model ,penggunaan kembali aplikasi yang disebabkan dan yapemisahan data dengan interface.
2. View  adalah sebuah layer pada MVC yang mengandung keseluruhan detail dari implementasi user interface dengan melibatkan komponen grafis yang menyediakan representasi proses internal aplikasi dan menuntun alur interaksi terhadap aplikasi. Adapula kelebihannya :
a. Memudahkan penggabungan divisi desain dalam development team
b. Ketersediaan multiple interface dalam aplikasi
3. Controller merupakan sebuah layer pada MVC yang menyediakan detail alur program dan transisilayer dan bertanggungjawab akan penampungan event yang dibuat oleh user dari view dan melakukan update terhadap komponen model menggunakan data dari user.[1]
C. Tujuan mengembangkan CAT
Tujuan Pengembangan system dalam penelitian ini adalah membangun aplikasi system informasi CAT berbasis web. Sistem baru berbasis web dengan framework .NET yang berarsistektur MVC ini menjadikan program lebih terstruktur dan lebih mudah untuk dikembangkan, sehingga menjadi panduan pengembang dalam hal maintenance software kedepannya. Selain itu dengan adanya pengembangan aplikasi CAT ini dapat membantu proses seleksi kedepannya agar pengelolaan system rekrutmen berbasis komputer lebih transparan, akuntable, objektif dan efisien.
1.      Memunculkan hasil evaluasinya
Penggunaansistem CAT dimaksudkan untuk mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian/evaluasi,mewujudkan     transparansi, obyektifitas, akuntabel, dan bebas korupsi kolusi dan metode.
2.      Keunggulan atau manfaat penggunaan CAT adalah peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh secara transparan, keseluruhan materi soal tes computerisasi dasar dapat diakses melalui komputer, dan penilaian dilakukan secara obyektif sehingga peserta ujian dapat segera mengetahui capaian nilai (skor) yang diperoleh setelah proses ujian evaluasi selesai.
Program CAT yang digunakan melalui serangkaian uji dan review yang dilakukan ahli.Uji yang dilakukan diantaranya adalah uji validitas, uji reliabilitas, daya pembeda antara kesukaran soal yang ditujukan untuk menentukan jumlah soal yang akan digunakan di dalam program CAT berbasis web tersebut.
Hasil penyebaran angket kepada siswa menunjukkan bahwa sebagian besarsis wame nyatakan setuju dengan penerapan model evaluasi pembelajaran berbantuan computer dan sebagian menyatakan sangat setuju dengan berbagai item penilaian positif terhadap  program. Dilihat dari persentase yang mencapai 76 %. Terhadap tanggapan positif pada program. Padakolom saran didapatkan beberapa alas an dan saran siswaantara lain:
1) siswa merasa bebas untuk mengerjakan tes, tanpa ada rasa khawatir terhadap pengawasan;
2) Siswa merasa tertantang untuk menelusuri lebih jauh jawaban yang diberikan,
3) siswa dapat mengakses kembali evaluasi yang pernah dikerjakan;
4) kegiatan siswa bersifat  individu sehingga mengurangi kecemasan,
5) Siswa dengan cepat bisa mendapatkan umpan balik dan hasil; dan
6) siswa banyak ingin tahu karena menggunakan teknologi baru.

D. Evaluasi   
Evaluasi berbantuan komputer cenderung dapat mengurangi kecemasan siswa dalam mengerjakan tes.Selama mengerjakan tes,siswa tidak merasa diawasi oleh siapapun. Oleh karena itu,kecemasan siswa akan berkurang,perasaan siswa tidak tertekan, dan siswa tidak diselimuti rasa takut atau was- was.Akibatnya, siswa bisa berpikir dengan leluasa dan mengerjakan tes dengan lugas.Kondisi seperti ini memberi peluang kepada siswa untuk menunjukkan kemampuan sebenarnya yang dimiliki, sehingga instrumen evaluasi akan bekerja dengan efektif.
Evaluasi berbantuan komputer menjamin kerahasiaan pribadi peserta tes.Respon yang diberikan peserta didik hanya diketahui oleh tutor. Rasa takut salah akan berkurang karena kesalahan yang diperbuat peserta hanya diketahui oleh tutor. Keberanian peserta untuk mencoba akan semakin tumbuh, dan sekaligus pengalaman kerjanya akan terbina. Evaluasi yang dilaksanakan  benar-benar dapat mengetahui kemampuan mahasiswa yang sebenarnya.Dengan kata lain, instrument evaluasi benar-benar mampu mengukur apa yang ingin diukur. Dalam kondisi seperti ini ,siklus pembelajaran mulai dari tutorial,kemudian pemberian contoh,latihan dan akhirnya evaluasi akan berlangsung dengan efektif.Hal ini terjadi karena hasil evaluasi yang baik akan menjadi panduan untuk proses pembelajaranmateriselanjutnya. 
Keuntungan lain yang bias diperoleh dari evaluasi berbantuan komputer adalah fleksibilitas dalam memodifikasi instrumen evaluasi. Instrumen evaluasi yang disajikan dalam format web dengan mudah dapat dimodifikasi untuk selanjutnya disajikan lagi kepada peserta tes.Apabila tersedia bank soal, maka pemilihan perangkat tes akan sangat mudah dengan me-manfaatkan fasilitas pencarian dan pengurutan yang dimiliki komputer. Kemudahan memilih perangkat tes atau memodifikasi instrumen evaluasi  akan membuat proses evaluasi dapat menyajikan beragam tes, baik dengan memper-timbangkan kemampuan   peserta atau tujuan evaluasi.
Secara umum evaluasi berbantuan komputer dapat meningkatkan motivasi belajar, rasa ingintahu, partisipasi, kerjasama, kreativitas,dan efektivitas pembelajaran.Hal ini terjadi akibat berkurangnya kecemasan, rasa malu, dan rasa takut bersalah. Moore & Taylor (1996)
Media evaluasi berupa program CAT melalui halaman website tersebut memiliki kualitas yang baik dilihat dari hasil implementasi penggunaan program pada sekolah sasaranSelain itu dalam proses evaluasi pembelajaran pendidikan dapat mengembangkan penelitian yang serupa untuk dapat mempersiapkan sekolah untuk siap melakukan ujian nasional secara online maupun mengembangkan yang lebih canggih dilengkapi dengan video maupun animasi yang sesuai.[2]













BAB III
                                          PENUTUP
A.    Kesimpulan
Computer Assisted Test (CAT) merupakan salah satu metode seleksi atau system rekrutmen dengan alat bantu computer untuk mendapatkan suatu standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar pekerjaan. Dapat digunakan untuk penyaringan mahasiswa baru maupun peserta didik.
Peserta seleksi maupun peserta ujian dengan menggunakan aplikasi CAT dapat melihat langsung hasil dari soal yang telah dikerjakan secara otomatis di layar computer saat peserta telah selesai mengerjakan.
B.     Saran
Penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan yang belum terjelaskan. Untuk itu kritik dan saran dalam makalah ini sangat diperlukan untuk memperbaiki makalah ini untuk lebih baik dari sebelumnya.










DAFTAR PUSTAKA

Khotimah,Khusnul ,Pengembangan Prototipe Computer Assist Tes, Menggunakan Arsitektur Model View Controiller Pada Badan Kepengawaian Negara,Jurnal Teknologi Volume 8 no 2,Juli 2016.
Damayasa, Komang ,dkk,Pengembangan Computer Assist Tes Dalam Proses Evaluasi Belajar Siswa,Jurnal Teknologi Pendidikan  Volume 3 no 1, 1 tahun 2015.




[1] Khusnul Khotimah,Pengembangan Prototipe Computer Assist Tes, Menggunakan Arsitektur Model View Controiller Pada Badan Kepengawaian Negara,Jurnal Teknologi Volume 8 no 2,Juli 2016.

[2] Komang Damayasa,dkk,Pengembangan Computer Assist Tes Dalam Proses Evaluasi Belajar Siswa,Jurnal Teknologi Pendidikan  Volume 3 no 1, 1 tahun 2015.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar